Kumpulan Busana Wanita Terbaru 2016. Kreasi Kebaya Modern, Baju Muslim, Busana Remaja Putri, Busana Kerja

Rabu, 07 Mei 2014

Mengenal Macam-Macam Kebaya Indonesia

Mengenal Macam-Macam Kebaya Indonesia artikel tentang busana wanita diposting pada 22.57.00 oleh carakucari.

Mengenal Macam-Macam Kebaya Indonesia

Macam Kebaya Indonesia
Macam Kebaya
Kekayaan busana nusantara menjadi sebuah ikon menarik sebagai ciri khas bangsa Indonesia yang dikenal dengan keberagamannya. Dalam tulisan kali ini, kami ingin berbagi informasi tentang pakaian tradisional Jawa, Kebaya
Seiring kemajuan jaman, kebaya saat ini merupakan busana pilihan yang banyak dikenakan dalam berbagai acara, seperti wisuda, pengantin, dan lainnya. Bahkan, citra bahwa kebaya adalah busana tradisional Jawa sudah semakin tipis, karena banyak daerah di Indonesia juga menggunakan jenis busana ini. Jadi, layak jika busana ini dijadikan busana nasional.
Kebaya sendiri dinilai menunjukkan karakter budaya Indonesia yang selalu mengedepankan kesopanan berpakaian baik dalam acara formal maupun informal. Dengan jahitan mengikuti lekuk tubuh memberikan sebuah pandangan tentang sifat anggun serta feminin seorang wanita sebagai pemakai pakaian ini. Belum lagi, banyaknya kreatifitas dari para desainer terkenal negeri ini seakan tidak pernah habis untuk menciptakan kreasi baru menjadi kebaya modern.
Namun, saat ini banyak yang belum menyadari bahwa ternyata kebaya macam-macam, diantaranya adalah kebaya jawa, kebaya bali, kebaya encim, kebaya kutubaru dan kebaya kartini. 
Kesederhanaan ditonjolkan dalam model kebaya jawa, sedangkan kalau kebaya bali, hampir sama, hanya ditambahkan selendang diikatkan dipinggang sehingga seakan menimbulkan kesan langsing bagi pemakainya.
Kebaya Jawa
Kebaya Jawa

Kebaya Bali
Kebaya Bali
Sedangkan kebaya encim merupakan jenis kebaya yang merupakan perpaduan model pribumi dengan pakaian Sanghai/ budaya cina. Kebaya ini identik dengan model kerah V yang dihiasi bordir dari bagian kerah sampai bagian bawah kebaya. 

Kebaya Encim
Selanjutnya kebaya kutubaru yang memiliki ciri khas tambahan kain sebagai penghubung sisi kiri dan sisi kanan kebaya pada bagian perut. Dalam pemakainanya ditambahkan stagen (kain yang dililitkan pada perut) agar pemakaiannya tampak lebih langsing, sama seperti pada kebaya bali.

Kebaya Kutubaru
Kebaya Kutubaru
Sedangkan kebaya kartini biasa digunakan perempuan yang masih berdarah biru atau merupakan keturunan dari kalangan keraton. Dan karena model kebaya ini populer pada era RA Kartini hingga mendapatkan sebutan kebaya kartini. Kebaya kartini cukup panjang dan menutup panggul. Selain itu, kebaya ini memiliki lipatan kerah yang membentuk garis vertikal mengesankan tubuh tinggi dan ramping. 
Kebaya Kartini
Kebaya Kartini
Sekarang, kebaya bisa ditemukan dari yang berbahan chiffon,tile hingga sutera. Bahkan kebaya pun mulai banyak dibuat dari bahan kain tenun atau kain sarung. Misalnya, kain songket dari Palembang atau ulos dari Sumatera Utara. Perpaduan desain serta kreatifitas dalam membuat kebaya ini tentu tidak menghilangkan keindahan atau estetika dari kebaya itu sendiri.
Mengapa kita tidak mengangkat kebaya Indonesia sebagai budaya nasional tanda pengenal bangsa sebagai bangsa yang kreatif, anggun, elegan dan tetap menonjolkan kesopanan dalam berbusana dan bersikap.
Salam, kebaya modern.
Terimakasih anda sudah membaca artikel tentang Mengenal Macam-Macam Kebaya Indonesia , masukan dari anda sungguh membantu kami untuk lebih semangat berbagi informasi tentang busana wanita, khususnya kebaya.
Facebook Twitter Google+
Back To Top