Kumpulan Busana Wanita Terbaru 2016. Kreasi Kebaya Modern, Baju Muslim, Busana Remaja Putri, Busana Kerja

Rabu, 07 Mei 2014

Tahukah Anda Darimana Arti Kata Kebaya?

Tahukah Anda Darimana Arti Kata Kebaya? artikel tentang busana wanita diposting pada 22.54.00 oleh carakucari.

Arti Kata Kebaya
Kebaya
Kebaya adalah busana tradisional wanita Indonesia terbuat dari bahan tipis dan dipadu denan batik, sarung atau kain tenunan tradisional lainnya seperti songket, ulos dan lainnya.
Kebaya sendiri berasal dari bahasa arab yaitu kata abaya artinya pakaian. Tetapi dipercaya kebaya berasal dari Tiongkok ratusan tahun silam, lalu menyebar ke Malaka,Jawa, Bali, Sumatera, dan Sulawesi. Setelah proses akulturasi ratusan tahun, pakaian itu diterima sebagai bagian dari budaya dan norma setempat.
Sebelum tahun 1600, khususnya di pulau Jawa, kebaya merupakan busana keluarga keraton. Dalam masa pemerintahan kolonial Belanda di Jawa, para wanita mulai menggunakan kebaya sebagai busana resmi. Dan selama masa ini pula, kebaya mulai mengalami perubahan bahan dari mori ke bahan sutera dengan sulaman warna warni.
Diciptakan pertama kali oleh para peranakan Malaka, dengan perpaduan sarung dan sepatu bermanik-manik cantik, lazim di sebut kasut manek. Namun seiring berkembangnya jaman, kebaya menjadi tren busana wanita non Asia, seperti Eropa.

Bahkan sekarang, kebaya tradisional dengan ketrampilan para desainer dimodifikasi desain menjadi kebaya modern, misalnya dipadu dengan bahan jeans atau rok. Tentu saja harus disesuaikan dengan acara atau kegiatan kita.
Akulturasi adalah suatu proses sosial yang timbul manakala suatu kelompok manusia dengan kebudayaan tertentu dihadapkan dengan unsur dari suatu kebudayaan asing. Kebudayaan asing itu lambat laun diterima dan diolah ke dalam kebudayaannya sendiri tanpa menyebabkan hilangnya unsur kebudayaan kelompok itu sendiri.
http://id.wikipedia.org/wiki/Akulturasi
Terimakasih anda sudah membaca artikel tentang Tahukah Anda Darimana Arti Kata Kebaya? , masukan dari anda sungguh membantu kami untuk lebih semangat berbagi informasi tentang busana wanita, khususnya kebaya.
Facebook Twitter Google+
Back To Top